PEDOMAN PENYUSUNAN KTSP - Presentation Transcript
1. PENYUSUNAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN ( KTSP)
2. LANDASAN
* UU No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
* PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
* Permendiknas No. 22/2006 tentang Standar Isi
* Permendiknas No. 23/2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan
* Permendiknas No. 24/2006 dan No. 6/2007 tentang pelaksanaan Permendiknas No. 22 dan 23/2006
3. 1. PENGERTIAN
* Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan.
4. 2. Acuan Operasional Penyusunan KTSP
* Peningkatan iman dan takwa serta akhlak mulia
* Peningkatan potensi , kecerdasan , dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didik
* Keragaman potensi dan karakteristik daerah dan lingkungan
* Tuntutan pembangunan daerah dan nasional
* Tuntutan dunia kerja
* Perkembangan ilmu pengetahuan , teknologi , dan seni
Silakan pilih menu yang tersedia
5.
* Agama
* Dinamika perkembangan global
* Persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan
* Kondisi sosial budaya masyarakat setempat
* Kesetaraan Jender
* Karakteristik satuan pendidikan
Silakan pilih menu yang tersedia PANDUAN RPP PANDUAN SILABUS PERBANDINGAN MAPEL
6.
* Keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia menjadi dasar pembentukan kepribadian peserta didik secara utuh. Kurikulum disusun yang memungkinkan semua mata pelajaran dapat menunjang peningkatan iman dan takwa serta akhlak mulia.
ACUAN OPERASIONAL KTSP 2.1. Peningkatan iman dan takwa serta akhlak mulia PANDUAN KTSP PANDUAN SILABUS PERBANDINGAN MAPEL PANDUAN RPP
7.
* Kurikulum disusun agar memungkinkan pengembangan keragaman potensi, minat, kecerdasan intelektual, emosional, spritual, dan kinestetik peserta didik secara optimal sesuai dengan tingkat perkembangannya.
2.2 Peningkatan potensi, kecerdasan, dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didik ACUAN OPERASIONAL KTSP PANDUAN KTSP PANDUAN SILABUS PERBANDINGAN MAPEL PANDUAN RPP
8.
* Daerah memiliki keragaman potensi, kebutuhan, tantangan, dan keragaman karakteristik lingkungan, oleh karena itu kurikulum harus memuat keragaman tersebut untuk menghasilkan lulusan yang dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan daerah.
2.3 Keragaman potensi dan karakteristik daerah dan lingkungan ACUAN OPERASIONAL KTSP PANDUAN KTSP PANDUAN SILABUS PERBANDINGAN MAPEL PANDUAN RPP
9.
* Pengembangan kurikulum harus memperhatikan keseimbangan tuntutan pembangunan daerah dan nasional.
2.4 Tuntutan pembangunan daerah dan nasional ACUAN OPERASIONAL KTSP PANDUAN KTSP PANDUAN SILABUS PERBANDINGAN MAPEL PANDUAN RPP
1. PENYUSUNAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN ( KTSP)
2. LANDASAN
* UU No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
* PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
* Permendiknas No. 22/2006 tentang Standar Isi
* Permendiknas No. 23/2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan
* Permendiknas No. 24/2006 dan No. 6/2007 tentang pelaksanaan Permendiknas No. 22 dan 23/2006
3. 1. PENGERTIAN
* Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan.
4. 2. Acuan Operasional Penyusunan KTSP
* Peningkatan iman dan takwa serta akhlak mulia
* Peningkatan potensi , kecerdasan , dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didik
* Keragaman potensi dan karakteristik daerah dan lingkungan
* Tuntutan pembangunan daerah dan nasional
* Tuntutan dunia kerja
* Perkembangan ilmu pengetahuan , teknologi , dan seni
Silakan pilih menu yang tersedia
5.
* Agama
* Dinamika perkembangan global
* Persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan
* Kondisi sosial budaya masyarakat setempat
* Kesetaraan Jender
* Karakteristik satuan pendidikan
Silakan pilih menu yang tersedia PANDUAN RPP PANDUAN SILABUS PERBANDINGAN MAPEL
6.
* Keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia menjadi dasar pembentukan kepribadian peserta didik secara utuh. Kurikulum disusun yang memungkinkan semua mata pelajaran dapat menunjang peningkatan iman dan takwa serta akhlak mulia.
ACUAN OPERASIONAL KTSP 2.1. Peningkatan iman dan takwa serta akhlak mulia PANDUAN KTSP PANDUAN SILABUS PERBANDINGAN MAPEL PANDUAN RPP
7.
* Kurikulum disusun agar memungkinkan pengembangan keragaman potensi, minat, kecerdasan intelektual, emosional, spritual, dan kinestetik peserta didik secara optimal sesuai dengan tingkat perkembangannya.
2.2 Peningkatan potensi, kecerdasan, dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didik ACUAN OPERASIONAL KTSP PANDUAN KTSP PANDUAN SILABUS PERBANDINGAN MAPEL PANDUAN RPP
8.
* Daerah memiliki keragaman potensi, kebutuhan, tantangan, dan keragaman karakteristik lingkungan, oleh karena itu kurikulum harus memuat keragaman tersebut untuk menghasilkan lulusan yang dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan daerah.
2.3 Keragaman potensi dan karakteristik daerah dan lingkungan ACUAN OPERASIONAL KTSP PANDUAN KTSP PANDUAN SILABUS PERBANDINGAN MAPEL PANDUAN RPP
9.
* Pengembangan kurikulum harus memperhatikan keseimbangan tuntutan pembangunan daerah dan nasional.
2.4 Tuntutan pembangunan daerah dan nasional ACUAN OPERASIONAL KTSP PANDUAN KTSP PANDUAN SILABUS PERBANDINGAN MAPEL PANDUAN RPP